Informasi PPDB SMK Negeri 1 Batam Tahun 2017

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Negeri 1 Batam Tahun Ajaran 2017/2018 dioptimalkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, atau Bentuk Lain yang Sederajat.

Berdasarkan aturan pemerintah tersebut diatas, maka dibuatlah sistem PPDB SMK Negeri 1 Batam dengan mengelompokkan calon siswa baru menjadi 3 kelompok yaitu ;

  • Prestasi Akademik
  • Prestasi Non Akademik dan
  • Keluarga ekonomi tidak mampu

Setiap kelompok diseleksi menurut kelompoknya masing- masing dan diterima berdasarkan kuota yang telah ditentukan.

Prestasi Akademik

Untuk kelompok Prestasi akademik dibagi lagi berdasarkan  pilihan 1 dan Pilihan 2.

  • Pilihan 1 diterima dengan kuota 75 % dari kelompok Prestasi Akademik atau .
  • Pilihan 2 diterima dengan kuota 25 % dari Kelompok Akademik .

Prestasi Non Akademik

Yang dimaksud dengan kelompok Non Akademik adalah pendaftar yang menyertakan sertifikat prestasi diluar akademik minimal juara III tingkat Kota/ kabupaten. Untuk yang menyertakan sertifikat tetapi tidak tertera  juaranya maka tidak bisa dinilai, atau yang menyertakan sertifikat tetapi tika memilih jalur Non Akademik juga tidak dinilai.

Kuota untuk kelompok Non Akademik adalah 10 % dari total yang diterima.

Pada sistem perhitungan nilai akhir, angka kredit untuk prestasi adalah maksimal 20 sehingga pada nilai akhir nilai siswa yang mengambil jalur ini menjadi kecil. Tapi tidak jadi masalah karena perengkingan dilakukan per jalur atau terpisah dengan jalur akademik.

Keluarga Ekonomi Tidak Mampu

Yang dimaksud kelompok Keluarga ekonomi tidak mampu adalah pendaftar yang menyertakan surat keterangan tidak mampu baik berupa SKTM, KIP atau KPS pada saat pendaftaran. Yang menjadi acuan untuk menyatakan pendaftar sebagai keluarga tidak mampu adalah SKTM, KIP atau KPS tersebut. Namun tidak semua calon siswa kurang mampu dapat diterima. Kuota untuk kelompok keluarga tidak mampu adalah 20 % dari total yang diterima.

Pada saat menentukan kelulusan, berkemungkinan nilai siswa pada jalur ini juga lebih rendah atau bahkan lebih tinggi . Tapi tidak jadi masalah karena perengkingan dilakukan terpisah.

(Panitia PPDB SMK Negeri 1 Batam menyampaikan permohonan maaf karena terdapat kesalahan pemograman di sistem sehingga pada  saat pengumuman keterangan tidak mampu tidak muncul semuanya).

 

SMK Negeri 1 Batam tahun 2017 telah mengumumkan daftar nama yang diterima sebagai siswa/ siswi SMK Negeri 1 Batam tahun 2017/ 2018. Karena keterbatasan kuota di SMKN 1 Batam, nama yang tidak ada di pengumuman diharapkan dapat menerima hasil tersebut dan mendaftar di sekolah lain karena tahun pelajaran baru sudah akan dimulai tanggal 17 Juli 2017.

Proses penerimaan peserta didik baru SMKN 1 Batam Tahun Pelajaran 2017/ 2018 telah selesai dilaksanakan. Sesuai jadwal, proses selanjutnya adalah pendaftaran ulang yang dilaksanakan pada tanggal 10 s.d 12 Juli 2017. Proses pendaftaran ulang perlu dilaksanakan untuk pendataan kembali calon siswa yang dinyatakan lulus. Bagi calon siswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri dari SMK Negeri 1 Batam  dan secara otomatis pada sistem,  siswa yang sudah ada di cadangan akan menggantikan. Pihak sekolah akan menghubungi calon siswa tersebut paling pada hari Rabu tanggal 12 Juli 2017 setelah selesai proses pendaftaran ulang. Namun dihari pertama pendaftaran ulang belum ada calon siswa yang dinyatakan mundur.

Khusus untuk siswa baru yang telah diterima di kelas Industri Epcos agar dapat datang pada hari kamis jam 9.30 wib bersama orang tua Kandung/ Wali yang punya surat kuasa asuh untuk melakukan penandatanganan kontrak/ Perjanjian dengan PT. Epcos Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 5 =