Penyusunan Kurikulum SMK Mekatronika 4 Tahun Bersama Industri

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan SEAMEO telah memutuskan bahwa SMK Negeri 1 Batam termasuk sebagai salah satu dari dua belas SMK di Indonesia untuk melaksanakan Program SMK 4 tahun yang menggunakan kurikulum ASEAN.

Program SMK 4 tahun yang menggunakan kurikulum ASEAN di SMK Negeri 1 Batam diimplementasikan pada satu kelas pada Program Keahlian Mekatronika. Pada program ini SMK Negeri 1 Batam akan bekerjasama dengan Kanchanapisek Mahanakon Technical College di Thailand, di samping itu SMK Negeri 1 Batam juga berencana menjadikan Program Keahlian Mekatronika Politeknik Negeri Batam sebagai mitra dalam melaksanakan program ini.

Sehubungan dengan program tersebut pada hari Jumat (28/04/17), SMKN 1 Batam mengundang beberapa perwakilan perusahaan yang ada di Batam untuk penyusunan dan sinkronisasi kurikulum. Pada kesempatan ini, SMKN 1 Batam bersama dengan pihak perusahaan melakukan upaya penyesuaian kurikulum yang dijalankan disekolah dengan kebutuhan pihak industri. Hadir pada acara tesebut perwakilan dari PT. Epcos Indonesia, PT. Epson Batam, PT. Sumitomo Wiring Systems,PT. Schneider-Electric Manufacturing Batam dan PT.Panasonic Electronic Devices Batam.

Kepala SMKN 1 Batam, Ibu Lea Lindrawijaya Suroso bangga dengan pihak industri yang ada di Kota Batam atas perhatian yang luar biasa terhadap dunia pendidikan khususnya SMKN 1 Batam. Beliau berharap kedepannya SMKN 1 Batam betul- betul dapat menjalankan sistem kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dunia industri. Karena siswa SMK seyogyanya memang disiapkan untuk memasuki dunia Kerja.

DP- Humas

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 5 =