Profil SMKN 1 Batam

Era globalisasi dengan segala implikasinya menjadi salah satu pemicu cepatnya perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, dan bila tidak ada upaya sungguh-sungguh untuk mengantisipasinya maka hal tersebut akan menjadi maslah yang sangat serius. Dalam hal ini dunia pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar, terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras didalam perubahan itu sendiri. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dilihat dan dirasakan secara instan, sehingga sekolah sebagai ujung tombak dilapangan harus memiliki arah pengembangan jangka panjang dengan tahapan pencapaiannya yang jelas dan tetap mengakomodir tuntutan permasalahan faktual kekinian yang ada di masyarakat.

Perkembangan industri yang tidak sejalan dengan penyedian tenaga kerja yang memadai khususnya untuk bidang keahlian teknik mesin, teknik elektro, teknik informatika dan teknik mekatronika mengakibatkan kebutuhan tenaga kerja untuk bidang tersebut terbuka lebar. Menyadari hal tersebut, tahun 1994 pemerintah pusat mengambil langkah antisipatif melalui kerja sama dengan Asian Development Bank (ADB) membangun sebuah SMK Negeri I Batam dengan Kompetensi Keahlian teknik Pemesinan (1), teknik Listrik Industri (2), dan teknik Elektronika Industri (3). Lokasi sekolah di jalan Prof Dr Hamka No. 1 Tembesi Kec. Batu Aji, Kota Batam. Sekolah ini beroperasi Juli 2007 dengan 3 program keahlian dengan Kurikulum 1987. Pada tahun 2004 dibuka satu program keahlian lagi, yaitu Teknologi Informatika dengan bidang keahlian teknik Komputer dan Jaringan (4). Pada Tahun 2007 dibuka lagi satu program keahlian teknik Mekatronika (5). Pada tahun 2009 dibuka lagi satu program keahlian teknik Pengelasan (6) (Welding) yaitu kelas industri yang bekerja sama dengan PT. MC. Dermott. Maka jumlah program keahlian menjadi 6.

Pendirian SMK Negeri 1 Batam ditetapkan melalui Surat Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 107/O/1997 tentang Pembukaan dan Penegerian Sekolah. Untuk mendukung SMK Negeri 1 Batam, tahun 1995 diterbitkan SK Majelis Sekolah Nomor 0344/P/1995 tentang Pembentukan Majelis Sekolah Menengah Kejuruan di Batam oleh Mentri Pendididikan dan Kebudayaan (Mendikbud),  keanggotaannya terdiri dari kalangan praktisi pendidikan dan industriawan di Batam
 

Lokasi Sekolah

Lokasi SMKN 1 Batam