SMK N 1 Batam Telah Menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 (Pelaksanaan Audit Eksternal 22 Mei 2017)

Perkembangan industri yang pesat dan tuntutan tenaga kerja yang memadai khususnya untuk bidang keahlian teknik pemesinan, teknik elektro, teknik informatika, teknik mekatronika, dan teknik pengelasan , maka kebutuhan tenaga kerja untuk bidang tersebut terbuka lebar. Pemerintah pada tahun 1994 mengambil langkah antisipatif melalui kerja sama dengan Asian Development Bank (ADB) membangun sebuah SMK Negeri 1 Batam dengan Kompetensi Keahlian teknik Pemesinan (1), Teknik Otomasi Industri (2), dan teknik Elektronika Industri (3). Lokasi sekolah di jalan Prof Dr Hamka No. 1 Tembesi kelurahan Kibing kecamatan Batu Aji, Kota Batam. Sekolah ini beroperasi Juli 1997 dengan 3 paket keahlian dengan Akademik 1987. Pada tahun 2004 dibuka satu paket keahlian lagi, yaitu Teknologi Informatika dengan bidang keahlian teknik Komputer dan Jaringan (4). Pada Tahun 2007 dibuka lagi satu program keahlian teknik Mekatronika (5). Pada tahun 2009 dibuka lagi satu program keahlian teknik Pengelasan (Welding) (6).

SMK Negeri 1 Batam dengan motto “ Skill and Quality “,ditetapkan sebagai sekolah yang dapat melaksanakan Dual System (Sistem Ganda) secara komprehensive dan mampu melakukan pengembangan sesuai dengan tuntutan dunia industri, peserta didik, dan peningkatan kemampuan guru atau staff. Tujuannya agar dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan mempunyai daya saing unggul . Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015 dapat menjadikan SMK Negeri 1 Batam menjadi lembaga pendidikan yang mempunyai kualitas sejajar dengan sekolah sejenis di Negara OECD.

SMK N 1 Batam berupaya memenuhi kebutuhan dan harapan dari berbagai pihak untuk kepentingan (internal dan eksternal). Sesuai dengan tujuan berdirinya SMK N 1 Batam untuk memenuhi kebutuhan pangsa kerja di dunia industri dan dunia usaha pada level pekerja tingkat menengah (level operator dan level teknisi), dimana tamatannya siap bekerja yang memiliki kualitas dan keterampilan secara profesional sesuai dengan bidang kompetensi keahlian.

 

AUDIT EKSTERNAL ISO 9001:2015

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + 17 =