Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Tanggal 1 Oktober merupakan tanggal yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Sebagai bentuk memperingati hari kesaktian Pancasila, SMKN 1 Batam mengadakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan Upacara ini dilaksanakan di lapangan upacara sekolah dan diikuti oleh seluluh siswa, guru dan karyawan. Sebagai pembina upacara adalah Waka sarana SMKN 1 Batam, Bapak Ahmad Husaini, S.Pd

Dalam amanatnya Bapak Ahmad Husaini, S.Pd mengingatkan tentang sejarah hari Kesaktian Pancasila ,beliau berpesan agar generasi muda terutama siswa/i SMKN 1 Batam agar menonton tayangan film dokumenter G30S/PKI agar tidak melupakan sejarah tentang bangsa ini dimana kala itu bangsa indonesia diadu domba melalui Peristiwa G30S/PKI. Gerakan ini merupakan pemberontakan yang berusaha untuk mengubah ideologi Pancasila menjadi idiologi komunis.

Pada hari itu, enam Jendral dan 1 Kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. (GCP).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 2 =