Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Hari bersejarah bagi bangsa Indonesia selalu diperingati setiap tahunnya oleh rakyat Indonesia, salah satunya adalah hari sumpah pemuda yang merupakan salah satu tonggak yang penting bagi bangsa Indonesia. SMK Negri 1 Batam menggelar upacara bendera memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada hari Sabtu, tanggal 28 Oktober 2017. Upacara tersebut dihadiri oleh guru-guru beserta staf karyawan dan siswa-siswi SMK Negri 1 Batam yang disertai oleh petugas penggerek bendera yang merupakan anggota Paskibra SMK Negri 1 Batam, dijaga dan diawasi oleh unit kesehatan Palang Merah Remaja SMK Negri 1 Batam.

Upacara ini bertujuan agar generasi muda saat ini tidak melupakan sejarah untuk dapat membangun masa depan bangsa Indonesia, juga agar dapat memberikan semangat juang para pemuda pemudi agar bersatu untuk memajukan serta mensejahterakan bangsa Indonesia. Pidato yang disampaikan oleh Bapak Junaidi, S.Pd selaku Pembina upacara pada hari tersebut bertujuan untuk memotivasi siswa siswi agar menjadi pemuda berkualitas serta mengambil hikmah dari sejarah hari Sumpah Pemuda tersebut.

Amanat yang disampaikan oleh pembina upacara  pada sabtu itu disampaikan dari mentri pemuda dan olahraga, dilanjutkan dengan amanat yang memotivasi dan meningkatkan semangat juang para pemuda. Seperti kata Pembina upacara pada hari itu. “Jangan isi abu sumpah pemuda, tapi warislah api sumpah pemuda.” tutur Pak Junaidi.

Upacara berlangsung dengan khidmat, ratusan peserta upacara mengenakan pakaian putih abu dengan menggunakan uniform lengkap. Selain mengibarkan bendera Merah putih dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, juga membacakan teks Sumpah Pemuda. Para pelajar dengan semangat menyanyikan lagu “bangun pemuda pemudi” dengan semangat diakhir upacara.(S.R)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 1 =