25 Guru Selesai Ikuti Magang dalam Program Revitalisasi SMK

Peluncuran Program Pengembangan SMK oleh Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mewajibkan guru produktif untuk mengikuti pemagangan guru di industri. Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Dalam kegiatan ini SMK Negeri 1 Batam telah ditunjuk untuk mengembangkan Program SMK Kawasan Industri Tahun 2017 dimana telah mengirimkan 25 guru produktif sebagai guru magang di industri yang berasal dari SMK Negeri dan Swasta di Wilayah Provinsi Kepri yaitu dari Batam, Tanjung Pinang dan Singkep. 10 SMK dari Batam, 1 SMK dari Tanjung Pinang yaitu SMKN 3 Tanjung Pinang dan 1 SMK dari Singkep yaitu SMKN 1 Singkep dengan total 12 SMK.

Pemagangan guru dilaksanakan selama 5 hari. Sesuai dengan kesediaan perusahaan, maka rentang tanggal pemagangan diberikan mulai tanggal 23 Oktober 2017 hingga 11 November 2017. Guru yang akan magang diindustri berasal dari kompetensi keahlian Teknik Pemesinan, Teknik Otomasi Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Pengelasan, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi, Administrasi Perkantoran dan Multimedia.

Guru yang mengikuti kegiatan pemagangan ditempatkan pada 10 perusahaan yang dimana mendukung program pemerintah berupa revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis kompetensi link and match dengan industri. Perusahaan tersebut ialah PT. Batam Bintan Telekomunikasi, PT. Caterpillar Indonesia Batam, PT. Kinema Systrans Multimedia, PT. Labtech Penta International, PT. Panasonic Industrial Devices Batam, PT. Schneider Electric Manufacturing Batam, PT. Siix Electronics Indonesia, PT. Batamindo Investment Cakrawala, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT. Vortex Energy Batam.

Kegiatan pemagangan guru ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi keahlian guru produktif dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di dunia usaha dan dunia industri. Guru dapat melihat secara  nyata, tamatan seperti apa yang dicari, yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri nantinya.

(A.S_Humas)

klik disini untuk gambar yang lain 🙂

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × three =