Membanggakan! Siswa SMK Kontingen Indonesia Raih 15 Medali dalam Kompetisi World Skill Kazan 2019

Kompetisi keterampilan sedunia (World Skills Competition/WSC) yang digelar di Kazan, Rusia pada 22-27 Agustus 2019 telah berakhir. Kegiatan ini merupakan event 2 tahunan yang mempertemukan para kontingen terbaik setiap negara dibidang masing-masing untuk mengkontestasikan keterampilannya. Pesertanya adalah vocational high school atau kalau di Indonesia adalah Siswa SMK.

Dalam pelaksanaan WSC 2019 ini, Indonesia wakil Indonesia akan bertanding antara lain di bidang pembuatan kabinet, IT software solutions for business,mobile robotics, terapi kecantikan, tata rambut, teknologi dalam fashion, prototip modelling, plumbing dan heating, servis restoran hingga mekatronik. Sekitar 1.300 peserta dari 78 negara akan unjuk kemampuan dalam kompetisi bergengsi tersebut.

Kontingen Indonesia terdiri dari peserta lomba yang terbagi menjadi dua, lulusan SMK yang disebut competitor dan mereka yang sudah bekerja baik sebagai guru SMK maupun bekerja di perusahaan (expert). Jumlah competitorada 32 orang, sedangkan para expert yang mewakili Indonesia ada 29 orang. Mereka akan mengikuti 58 jenis lomba. Sisanya, pimpinan delegasi, delegasi teknis, pimpinan tim dan lainnya.

Pada WSC Kazan 2019 ini Indonesia berhasil membawa 3 medali yang terdiri dari 2 medali perak dan 1 perunggu. Untuk medali perak diraih pada bidang  IT Network Systems Administration dan IT Software Solutions for Business dan Medali Perunggu pada bidang Plastic Die Engineering. Selain itu juga penghargaan medali juga diberikan kepada kontingen dari 12 bidang lainnya yaitu: Web Technologies, Automobile Technology, CNC Milling, Welding, Restaurant Service, Graphic Design Technology, Mechanical Engineering CAD, Hairdressing, Electronics, Industrial Control, Mechatronics, Fashion Technology.

Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Indonesia dalam menunjukkan aksinya dalam pentas kejuaraan Dunia. Hal ini juga menandakan bahwa siswa SMK bisa berprestasi di kancah Internasional.

Copy Right @ psmk.kemdikbud.go.id
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve + twenty =