Program Pertukaran Pelajar, 5 Siswa SMKN 1 Batam Belajar di KTCM, Thailand.

Memberikan pengalaman belajar yang luas dan beragam untuk para siswa merupakan salah satu program yang diterapkan di SMK Negeri 1 Batam. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah program pertukaran pelajar dengan salah satu negara ASEAN yaitu Thailand. Pada awalnya program ini difasilitasi oleh SEAMEO (Southeast Asian Minister of Education Organization) sebuah Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara yang telah sepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang vokasi di kawasan Asia Tenggara. Dalam pertukaran pelajar ini, SMK Negeri 1 Batam bekerjasama dengan Kanchanaphisek Technical College Mahanakorn (KTCM) yang berlokasi di Bangkok, Thailand. SMK Negeri 1 Batam mengirimkan 5 (lima) orang siswa dari jurusan Mekatronika yang akan belajar di KTCM, Thailand selama empat bulan. Sementara pihak KTCM mengirimkan 4 (siswa) dari jurusan Electrical Power yang akan belajar di SMK Negeri 1 Batam dengan rentang waktu yang sama. Para siswa akan mengikuti pembelajaran teori di dalam kelas selama satu bulan dan melakukan magang di Industri selama tiga bulan.Pembelajaran di dalam kelas lebih difokuskan pada pengenalan budaya dan Bahasa lokal, dalam hal ini Bahasa Indonesia bagi siswa Thailand dan Bahasa Thai bagi siswa SMK Negeri 1 Batam.

Pemberangkatan Siswa SMK Negeri 1 Batam yang akan mengikuti program pertukaran pelajar ini dilakukan pada tanggal 14 November 2018. Didampingi oleh Bapak Junaidi, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMK Negeri 1 Batam, peserta disambut baik oleh pihak KTCM, Thailand. Acara penyambutan berlangsung akrab dilanjutkan dengan rapat bersama yang dihadiri oleh Director, Deputy director dan seluruh Head of Department KTCM, Thailand serta Perwakilan  Sekolah dan serta siswa dari SMK Negeri 1 Batam yang membahas teknis pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan oleh para siswa SMK Negeri 1 Batam selama mereka berada di KTCM, Thailand.

Melalui kegiatan ini diharapkan memberikan pengalaman yang baru kepada siswa, salah satunya adalah untuk memberikan konfidensi atau kepercayaan diri bahwa para siswa SMK juga memiliki kemampuan yang baik di level yang kita pelajari dan mampu menjadi sumber daya manusia terampil dan berkualitas. Selama para siswa mengikuti program ini diharapkan tidak hanya mendapatkan pengalaman di bidang teknik tetapi juga mereka mampu belajar budaya dan bahasa Thailand melalui interaksi langsung dengan penduduk lokal.

(S.S & A.S_Humas)

Foto selanjutnya ….

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + eight =