KEGIATAN RUTIN, SMKN 1 BATAM MELAKSANAKAN PEMBEKALAN SEBELUM PEMBERANGKATAN SISWA PKL PERIODE JANUARI-JUNI 2018

Praktek Kerja Lapangan (PKL) suatu kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha atau DUNIA INDUSTRI dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa-masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.

Tujuan dari kegiatan PKL adalah untuk membentuk mental memberikan bekal serta gambaran pada siswa seperti apakah bekerja itu, menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era Teknologi Informasi dan Komunikasi dan mengembangkan pemantapan Profesionalisme yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia lapangan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

Untuk itu, SMKN 1 BATAM mengadakan Pembekalan mental dan fisik bagi siswa kelas XI yang akan mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL). Pembekalan mental dan fisik ini bertujuan untuk melatih siswa untuk disiplin. Pembekalan dilaksanakan selama 2 hari pada 03-04 Januari 2018 yang diikuti sebanyak 271 siswa.

Pembekalan pada hari pertama dilaksanakan di Convention Centre (CC) SMKN 1 Batam. kegiatan diawali dengan senam pagi lalu pembukaan dan seluruh siswa diwajibkan hadir pada pukul 06.00 pagi selama pelaksanaan pembekalan. Pembukaan kegiatan Pembekalan oleh Ibu Lea Lindrawijaya Suroso, M.Pd selaku Kepala SMKN 1 Batam. Setelah senam pagi siswa diarahkan menuju ke Convention Centre (CC) SMKN 1 Batam. Dimana kegiatan di CC yaitu penyampaian materi seperti Sistem pelaksanaan PKL yang disampaikan oleh Bapak Sayid Juni Riauan, S.Si, dan beberapa pemateri internal lainnya. Sekolah juga mengundang pemateri dari industri yaitu bapak Anwar Subekti yang mewakili dari PT. Panasonic Industrial Devices Batam.

Di hari kedua setelah senam pagi, peserta pembekalan diberangkatkan ke Yonif 136/TS di Barelang. SMKN 1 Batam telah bekerjasama dengan Yonif/136 di dalam program pembekalan ini setiap tahunnya. Peserta pembekalan tersebut dilatih kedisiplinan oleh anggota Yonif Raider 136/TS. Kegiatan yang para siswa laksanakan adalah kegiatan PBB, kecepatan, kelincahan dan kedisiplinan. Ini juga merupakan hal-hal yang harus dimiliki siswa-siswa untuk membekali diri mereka ketika mereka akan memasuki dunia industri. Tidak hanya itu siswa juga diperkenalkan materi tentang Alat Utama Sistem Pertahanan (ALUTSISTA). Peserta pembekalan begitu antusias dan begitu bersemangat karena ini merupakan suatu hal dan pengalaman baru yang mereka dapatkan.

Kegiatan pembekalan ditutup dengan memberikan hadiah dan penghargaan bagi siswa-siswi kelas XI SMK Negeri 1 Batam yang paling aktif dalam mengikuti kegiatan Pembekalan.

Pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang dunia industri kepada siswa sebelum mereka terjun langsung ke lapangan kerja. Pelaksanaan PKL yang dilaksanakan dalam kurun waktu 5 bulan ini, merupakan program sekolah yang telah berjalan sejak lama.

Dengan Kegiatan PKL ini juga dapat mempererat hubungan kerja sama antara sekolah dengan perusahaan-perusahaan yang terlibat. Serta dapat menjadi sarana mempromosikan tenaga didik siap kerja yang dimiliki oleh SMK Negeri 1 Batam.

(A.S_Humas)

klik disini untuk gambar yang lain 🙂

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 10 =