Tetap antusias, mengikuti Sertifikasi Kompetensi ditengah Pandemi Covid 19

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1) SMK Negeri 1 Batam melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi bagi siswa kelas XII Program 3 Tahun Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Pemesinan dan Teknik Pengelasan.

Uji Sertifikasi Kompetensi berlangsung dalam rentang waktu 17 Juni sd 4 Juli 2020 dan disesuaikan dengan jadwal yang telah diberikan oleh masing masing Kompetensi Keahlian. Kegiatan sertifikasi pada tahun ini tidak menjadi keharusan bagi siswa sehingga tidak semua siswa kelas XII mengikuti uji sertifikasi. Uji sertifikasi kompetensi tahun ini hanya diikuti oleh 97 siswa yang terdiri dari 24 siswa dari Teknik Komputer dan Jaringan, 25 siswa dari Teknik Pengelasan dan 49 siswa dari Teknik Pemesinan.

Walaupun Uji Sertifikasi Kompetensi ini dilakukan ditengah pandemi Covid 19, para siswa tetap mengikuti dengan antusias dan mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan oleh sekolah seperti menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. Seluruh ruangan dan alat/mesin yang digunakan dalam uji sertifikasi juga selalu disemprot dengan cairan disinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan sertifikasi, pengecekan suhu badan siswa juga dilakukan sebelum memasuki ruangan sertifikasi. Selain itu, Sekolah juga membatasi untuk jumlah peserta sertifikasi yang datang per harinya agar tidak terjadi penumpukkan peserta di workshop .

 

Uji sertifikasi kompetensi diuji oleh Asesor LSP-P1 yang telah memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sebelum mengikuti Uji Sertifikasi Kompetensi, para siswa telah diberikan pembekalan dan melakukan latihan pra sertifikasi pada minggu minggu sebelumnya dengan dibimbing oleh pembimbing yang telah ditunjuk oleh pihak sekolah sehingga diharapkan seluruh siswa yang mengikuti uji sertifikasi kompetensi ini dapat menyelesaikan dengan baik dan dinyatakan kompeten dengan diberikannya sertifikat kompetensi sebagai bentuk bukti pengakuan tertulis atas capaian kompetensi para peserta sertifikasi pada kualifikasi tertentu. (ss_humas)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + twenty =