Magang Kerja Guru di Dunia Kerja tingkatkan Relevansi Kompetensi

SMKN1BATAM.SCH.ID, BATAM – Guna meningkatkan relevansi kompetensi keahlian guru produktif SMK agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada maka SMK Negeri 1 Batam bekerjasama dengan beberapa industri untuk melaksanakan program Magang Guru.

 

Kegiatan magang guru ini juga merupakan salah satu bagian dari Kegiatan Non Fisik SMK Pusat Keunggulan (PK). SMK Negeri 1 Batam merupakan salah satu SMK PK yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan Magang Guru berlangsung selama 1 bulan mulai dari tanggal 1 November sampai dengan 3 Desember 2021. Hari Jum’at (3/12) kemarin merupakan hari terakhir guru guru yang mengikuti program magang ini di Industri tempat mereka melaksanakan pemagangan. Ada 2 (tiga) guru yang mengikuti program magang ini dari Kompetensi Keahlian yang berbeda beda. Ketiga guru tersebut adalah Achmad Jiwaseraya, M.Pd.T (Guru Teknik Elektronika Industri) yang melakukan pemagangan di PT. Flextronic Technology Indonesia, Armansyah,S.Pd (Guru Teknik Pemesinan) yang melakukan pemagangan di PT. Vortex Energy Batam dan Nurdiyansyah Prabowo, S.Pd (Guru Teknik Otomasi Industri) yang melakukan pemagangan di PT. Schneider Electric Manufacturing Batam.

“Pada program magang guru ini saya jadi banyak belajar juga dengan melihat langsung proses yang ada di industri sehingga menjadi bahan masukan bagi saya ketika nanti sudah di sekolah terkait hal hal yang perlu saya sampaikan kepada siswa ketika mengajar di kelas,” ungkap Armansyah, salah seorang guru yang mengikuti program magang guru.

Pada kesempatan yang sama dari pihak industri merasa senang dengan kehadiran guru magang karena memberikan kesempatan bagi pihak industri untuk dapat berbagi informasi dan ilmu kepada sekolah dengan harapan apa yang pihak guru dapatkan di industri dapat disampaikan kepada siswa sehingga ketika nanti mereka tamat sekolah sudah memiliki kompetensi baik hard skill maupun softskill yang sesuai dengan standar industri. (ss)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × four =