Menggembirakan, 19 Siswa SMKN 1 Batam lulus SNMPTN 2020

Pengumuman SNMPTN Tahun 2020 merupakan momen yang ditunggu tunggu oleh seluruh kelas XII yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi , tidak terkecuali siswa SMKN 1 Batam. Sebanyak 19 siswa dari dua Kompetensi Keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Batam berhasil lulus SNMPTN Tahun 2020. Siswa didominasi oleh Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Teknik Pemesinan karena yang ikut SNMPTN tahun ini hanya dari Kompetensi Keahlian program 3 tahun sementara Kompetensi Keahlian yang lainnya adalah program 4 Tahun (note : lulus tahun 2021). Kabar ini menggembirakan semua pihak baik siswa, orang tua dan juga sekolah.

Salah seorang siswa dari Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, Faidatul Syafiqah menyatakan rasa syukur yang luar biasa karena akhirnya dia bisa lulus di PTN yang diinginkan yaitu Universitas Brawijaya Prodi Sistem Informasi melalui jalur SNMPTN. Ucapan terima kasih juga Faidatul sampaikan untuk Orang tua, guru dan teman teman yang sudah banyak membantu selama ini. Walaupun awalnya dia tidak merasa yakin akan bisa lulus  SNMPTN tahun ini tapi dia tetap berusaha dengan sebaik baiknya.

“Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi sebanyak banyaknya tentang proses SNMPTN tahun ini”, ungkap Faidatul membagikan tips yang dia lakukan selama ini.

“Yang paling penting adalah pemilihan prodi yang rasional, apalagi untuk anak SMK seperti saya yang peluang lulusnya menurut saya lebih kecil daripada siswa SMA. Jadi kita harus jeli melihat seberapa besar persaingan kita di prodi yang kita inginkan, untuk mengetahui hal tersebut ya kita harus rajin cek di web resmi SNMPTN nya”, lanjut Faidatul.

Melihat track record atau penelusuran alumni yang berhasil di prodi tersebut juga merupakan kunci keberhasilan menurut Faidatul. Dengan semakin banyaknya alumni yang berada pada prodi tersebut maka akan semakin besar peluang adik kelasnya. Selain itu Faidatul juga menambahkan agar tidak segan  bertanya kepada alumni atau bahkan ikut bimbel juga akan sangat membantu bagi adik kelasnya yang nanti ingin lulus SNMPTN pada tahun selanjutnya.

“Terlepas dari itu semua yang paling penting adalah doa restu orang tua karena seleksi SNMPTN ini hanya Panitia dan Tuhan yang tahu prosesnya. Selamat dan sukses buat temen temen angkatan 21  dan semoga tahun depan lebih banyak lagi yang lulus SNMPTN dari SMK Negeri 1 Batam”, Tutupnya sambil tersenyum.

SS_Humas

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 4 =