Peringati Puncak Rootsday, Siswa SMKN I Batam Buka Pameran Kewirausahaan

SMKN1BATAM.SCH.ID, BATAM – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Batam gelar pameran kewirausahaan dan hari puncak peringatan Rootsday atau Anti perundungan. Pameran ini rencananya berlangsung selama tiga hari dimulai hari kamis (16/12) sampai dengan sabtu (18/12). Pembukaan acara dilaksanakan di gedung Convention Center (CC) SMKN I di Batuaji.Di luar gedung CC menjadi lokasi pameran, ada sekitar 20 an stand yang berada di lokasi pameran ini. Stand yang ada terdiri dari stand jurusan dan juga alumni yang menampilkan dan menjual hasil project pembelajaran siswa SMKN I Batam mulai dari lukisan, asesoris, gantingan kunci, hiasan dinding dan lainnya selain berbagai jenis makanan dan minuman.

Kepala SMKN I Batam Lea Lindrawijaya Suroso menuturkan, pameran ini sebagai ajang untuk memperkenalkan hasil karya kewirausahaan siswa SMKN I kepada masyarakat. Selama pameran ini berlangsung masyarakat umum boleh melihat ataupun berbelanja dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan.

“Kegiatan ini juga sebagai ajang penilaian sekolah terhadap mata pelajaran kewirausahaan dan kesenian sebagai mata pelajaran untuk bakat dan minat siswa. Jadi tidak semata untuk dipamerkan tapi juga untuk dinilai. Produk makanan misalkan dinilai mulai dari rasa hingga kesterilannya (higenis). Begitu juga yang lainnya,” kata Lea.

Selain stand siswa SMKN, ada juga stand dari luar seperti partner lembaga pendidikan perguruan tinggi serta produk-produk nasional lainnya. Tujuan penting lain dari pameran ini adalah mencari pasaran yang tepat untuk hasil karya kewirausahaan siswa tadi.

Pameran kewirausahaan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Muhammad Dali. Ada acara seremonial pembukaan, siswa SMKN I Batam juga menampilkan panggung hiburan seperti pertunjukan seni musik, atraksi paskibraka dan musik acoustik yang dibawakan oleh siswa.

Pada saat yang bersamaan juga diadakan bakti masyarakat berupa kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan di perumahan. Putri tujuh, Genta 3 dan Genta 1 yang dilakukan oleh 300 siswa SMKN 1 Batam yang telah ditunjuk.

“Kita juga membagikan pin yang berisi awarness kepada masyarakat sekitar agar kita sama sama peduli dengan kebersihan”, pungkas Lea. (ss)

 

Foto – Foto Kegiatan :https://photos.app.goo.gl/zvjbSZYrobrbKBXb8

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 2 =