Tingkatkan relevansi kompetensi, SMKN 1 Batam adakan Workshop Penyelarasan Kurikulum

SMK Negeri 1 Batam terus melakukan langkah nyata guna menyiapkan alumni yang kompeten di bidangnya masing masing serta siap menjadi tenaga kerja menengah yang handal. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah workshop penyelarasan kurikulum untuk kompetensi keahlian Teknik Mekatronika dan Teknik Pengelasan yang merupakan rangkaian dari kegiatan SMK CoE (Centre of Excellence) bertempat di BSDC Meeting Room SMK Negeri 1 Batam.

Kegiatan Penyelesaran Kurikulum yang berlangsung selama tiga hari (5-7 November 2020) ini dibuka secara resmi oleh Bapak Ade Setiawan, M.Ed selaku wakil kepala sekolah bidang akademik. Pada kesempatan yang sama Bapak Ade menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah sekolah guna menyelaraskan kompetensi yang ada pada dua kompetensi keahlian tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan di dunia kerja. Beliau juga menambahkan bahwa kurikulum di SMK sangat fleksibel untuk disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri atau dunia kerja sehingga diharapkan kompetensi yang akan didapatkan oleh siswa setelah mereka tamat dari SMK Negeri 1 Batam akan  relevan dengan kebutuhan dunia industri.

Hadir pada kegiatan tersebut adalah kepala kompetensi dan guru guru mata pelajaran produktif pada kompetensi keahlian Teknik Mekatronika dan Teknik Pengelasan. SMK Negeri 1 Batam juga mengundang perwakilan dari IDUKA (Industri dan Dunia Kerja) yaitu perwakilan dari PT. NOV Profab, PT. Panasonic Industrial Devices Batam dan  PT. TDK Electronic Indonesia guna memberikan masukan terhadap kompetensi yang ada.

“Karena kurikulum SMK itu sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri maka kami persilahkan pihak IDUKA untuk dapat memberikan masukan kepada masing masing jurusan yang didampingi guna mereview kembali relevansi kompetensi yang diajarkan dengan kebutuhan yang ada di dunia kerja,” tambah Bapak Ade.

Perwakilan dari PT. NOV Profab Bapak Galih Andanniyo juga menyambut baik apa yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Batam karena hal ini dapat menjawab tantangan dari dunia industri dimana teknologi yang digunakan terus berkembang dan memerlukan tenaga tenaga muda yang siap pakai dan serta memiliki kompetensi yang relevan dengan dunia industri.

“Ini merupakan hal yang sangat baik dilakukan oleh SMK Negeri 1 Batam guna meningkatkan kompetensi siswanya sehingga kelak alumninya memiliki intelegensi serta kompetensi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan di industri “, ungkap Bapak Galih. (ss_humas).

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + 14 =