UNBK di SMK Negeri 1 Batam Berlangsung Lancar

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara serentak dilaksanakan di seluruh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia pada hari senin, 2 April 2018. SMK Negeri 1 Batam sebagai salah satu sekolah yang berada di Provinsi Kepulauan Riau juga melaksanakan UNBK hari pertama pada tanggal 2 April 2018. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia.

“Ada 578 orang siswa yang mengikuti UNBK. Mereka adalah siswa dari Jurusan Teknik Pemesinan, Teknik Mekatronika, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Otomasi Industri, Teknik Elektronika Industri, Teknik Pengelasan” ungkap Bapak Sayid Juni Riauan selaku Ketua Panitia Pelaksana UNBK SMK Negeri 1 Batam.

“ Kita telah menyiapkan 10 ruang ujian dengan kapasitas 1 ruang adalah 20 komputer. Setiap ruang akan didampingi oleh Pengawas, Proktor dan Teknisi. Mengingat keterbatasan komputer yang kita punya, maka UNBK dibagi dalam 3 sesi. Sesi pertama berlangsung dari jam 07.30 – 09.30, sesi kedua 10.30 – 12.30 dan sesi tiga 14.00 – 16.00. Agar siswa dapat dikondisikan dengan baik maka siswa mengikuti apel 30 menit sebelum ujian dimulai persesinya “ lanjut beliau.

Tidak ada kendala yang berarti ketika UNBK hari pertama berlangsung. Hal senada juga disampaikan juga oleh Bapak Sayid Juni Riauan. Beliau menyampaikan bahwa pada hari pertama tidak ada kendala yang berarti, permasalahan terjadi di ruang 7 pada sesi pertama yang mengakibatkan UNBK ditunda selama 30 menit.

“Hal ini terjadi karena server client error 500, teknisi melakukan trouble shooting tetapi belum berhasil sehingga dicoba dengan menghapus VM dan membuat ulang VM dari VHD back up setelah sinkron. Hal ini berhasil mengatasi masalah tersebut.Sampai dengan ujian pada sesi selanjutnya, hal ini tidak terjadi kembali “

“Padahal pada hari sabtu dan minggu sebelum UNBK semua komputer sudah kita uji coba dan tidak ada masalah apapun.Ini mungkin merupakan pengalaman baru sehingga tidak kita temukan dalam panduan trouble shooting. Kita berharap hal ini tidak terjadi kembali” pungkas beliau.

Berbeda dengan hari pertama yang mengalami sedikit masalah teknis, pada hari kedua untuk mata Pelajaran Matematika beberapa siswa menyampaikan kendala terkait soal yang muncul. Dari informasi yang disampaikan oleh siswa, terdapat soal yang memiliki option jawaban yang sama.

(S.S_Humas)

klik disini untuk gambar yang lain 🙂

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 3 =