Work From Home, Guru Tetap Melakukan Proses Belajar Mengajar

Imbauan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim terkait penghentian sementara aktivitas pembelajaran tatap muka di sekolah khususnya di daerah yang terdampak Virus Covid-19 juga dilaksanakan oleh seluruh sekolah di Kota Batam. SMK Negeri 1 Batam sebagai salah satu sekolah kejuruan di Batam juga telah menetapkan kebijakan untuk guru dan tenaga kependidikan agar tidak harus hadir di sekolah mengingat seluruh siswa juga telah ditetapkan melakukan pembelajaran tanpa tatap muka atau secara daring. Hal ini disampaikan oleh Kepala SMK Negeri 1 Batam pada rapat koordinasi setelah pelaksanaan UN SMK pada tanggal 20 Maret 2020 yang lalu. Pada kesempatan yang sama Ibu Lea Lindrawijaya Suroso selaku Kepala SMK Negeri 1 Batam menyampaikan agar proses pembelajaran ataupun penyelesaian urusan administrasi selama rentang waktu 14 hari tersebut (16 – 31 Maret) harus tetap berjalan dengan memanfaatkan teknologi.

“Sekolah tetap akan mendorong dan melakukan pengawasan kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan agar tetap melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana biasanya. Hak siswa untuk mendapatkan pembelajaran tetap harus diberikan dan untuk beberapa Tenaga Kependidikan akan dijadwalkan untuk tetap berada di sekolah secara bergantian seperti tenaga kebersihan dan keamanan”, ungkap Ibu Lea.

Hal senada juga disampaikan oleh Waka Kurikulum SMK Negeri 1 Batam, Bapak Ade Setiawan. “Sekolah melalui Kurikulum akan memantau proses pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa melalui platform e-learning yang ada dan pembelajaran tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan pada semester ini” pungkas Bapak Ade.

Menindaklanjuti hal tersebut Guru SMK Negeri 1 Batam tetap melakukan pembelajaran sesuai jadwal dengan memanfaatkan platform e-learning yang ada seperti google classroom, Edmodo, Moodle dll bahkan dengan memanfaatkan Whats App Group kelas. Dengan memaksimalkan penggunaan internet, guru juga dapat mengakses beberapa sumber belajar online lainnya guna memperkaya materi yang diberikan kepada siswa seperti portal Rumah Belajar Kemendikbud yang menyajikan materi materi pembelajaran berbasis IT. Beberapa guru SMK Negeri 1 Batam juga melakukan pembelajaran tatap muka secara daring melalui video conference dengan aplikasi ZOOM, google meet, discord, jitsi, dll sesuai jadwal PBM biasanya.

Wali kelas juga berperan aktif dalam memfasilitasi komunikasi antara guru mata pelajaran dan kelas binaannya. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran secara daring atau online ini, peran aktif orang tua siswa juga sangat diharapkan. Orang tua siswa diharapkan mengawasi dan mengontrol anak anaknya ketika belajar di rumah, serta memastikan bahwa anak – anak tidak keluar rumah dan berkumpul dengan teman temannya untuk urusan yang tidak penting.

S.S_Humas

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 1 =